Connect with us

blackibank

Perumahan Syariah Penipu, Jangan percaya Janji Surga

Perumahan Syariah Penipu

Baca

Perumahan Syariah Penipu, Jangan percaya Janji Surga

Perumahan Syariah Penipu, pernahkan Anda tertipu?

Maraknya pengembang perumahan saat ini membuat persaingan dibisnis jual properti menjadi semakin ketat sehingga banyak pengembang perumahan yang mulai mencari cara agar bisa tetap bersaing dan dapat untung yang sebanyak-banyaknya. Salah satu cara yang sering digunakan adalah dengan cara memanfaatkan dosa manusia yaitu “keserakahan” dan parahnya lagi adalah menjual dengan mengatasnamakan Syariah atau Agama.

Faktanya saat ini mulai banyak muncul pengembang perumahan yang mengatasnamakan perumahan syariah, dengan iming-iming bunga yang rendah, tidak ada denda, dan tidak ada biaya yang dibebankan kepada pembeli membuat banyak orang, khususnya bagi yang sedang mencari rumah menjadi lebih tertarik untuk membeli perumahan syariah dari pada membeli perumahan dengan cara Kredit Pemillikan Rumah (KPR) dari Bank yang belum lagi akan ditakut-takuti oleh Dosa Riba.

Sebenarnya tidak ada pengembang perumahan syariah. Yang ada adalah proses pembiayaan perumahannya yang berbasis syariah.


Baca juga : Pemberian Penghargaan Palsu Perusahaan

Singkatnya bisa dibilang sebagian besar Perumahan Syariah Penipu.
Dari banyak kasus penipuan jual perumahan syariah yang terjadi, modusnya seperti ini:

  1. Dengan Embel-embel Syariah dan ajakan tanpa Riba, bahkan sampai menggunakan tokoh Agama.
  2. Harga tidak Wajar dan cendrung jauh dibawah harga pasar perumahan dengan type yang sama.
  3. Proses Gampang, Bebas Biaya, Bahkan Tanpa BI Checking padahal BI Checking adalah sebuah keharusan.

Lalu apa solusinya agar tidak menjadi korban penipuan dari para pengembang Perumahan Syariah Penipu?
Gunakan Logika dan berikut tips yang harus diperhatikan jika ingin membeli perumahan:

  1. Pelajari dan Cari tau Sistem Pembayaran Syariah
    Ingat, tidak ada perumahan syariah, yang ada hanya sistem pembayarannya saja yang menggunakan sistem syariah islam, yaitu transaksi tanpa adanya bunga dan denda, akad jual atau beli tanpa ada perantara (bank) alias dilakukan langsung oleh pemilik dan pembeli, harga jual tidak akan berubah sejak akad, tidak ada asuransi, tanpa adanya sita jika pembeli mengalami kendala keuangan dan tak sanggup melunasi cicilan.
  2. Periksa Dokumen Penting saat Beli Rumah
    Gunakan Logika, jangan pernah tergiur dengan harga murah. Penting perhatikan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan site plan yang dimiliki oleh pengembang perumahan yang bersangkutan.
  3. Periksa Legal Pengembang Properti di SIRENG
    Coba cari tau kelegalan pengembang properti di aplikasi Sistem Registrasi Pengembang (SIRENG) atau akses langsung di www.sireng.pu.go.id.
    Tidak hanya itu saja, kita juga bisa melihat identitas 13.793 pengembang dan 19 asosiasi perumahan terdaftar (REI, Himperra, Apersi dan lainnya) yang melaksanakan pembangunan rumah subsidi di Indonesia.

Terakhir adalah selalu gunakan Logika dan Cermat Sebelum Membeli
Kita semua harus cermat sebelum membeli rumah jika tak ingin jadi korban penipuan berkedok Perumahan Syariah maka jangan hanya melihat harga yang murah saja, tapi lihat juga secara keseluruhan mengenai informasi pengembang perumahannya. Jika perlu, pilih saja pengembang yang sudah terdaftar di SIRENG. Selain lebih mudah dalam memilih pengembang properti, pastinya juga akan lebih aman.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Baca

To Top